KOMPAS.COM - Banyak cara untuk mengetahui keadaan
mesin mobil. Salah satunya bisa dilihat dari warna dan kondisi busi.
Kalau punya waktu luang akhir pekan ini, coba buka busi dan perhatikan,
apakah seperti petunjuk di bawah ini?
Coklat : Pada elektroda coklat agak keabu-abuan pertanda busi bekerja normal, namun mendekati batas usia pakai. Sebaiknya ganti baru.
Kekuning-kuningan: Mesin mengalami overheat, sehingga suhu dan tekanan pada mesin naik secara drastis. Cek peranti pendingin mesin.
Usang : Busi seperti usang dengan sedikit timbunan kerak pada elektroda. Busi telah apkir dan perlu ganti baru.
Kemerahan : Lapisan elektroda terkelupas dengan warna kemerahan,
tapi tidak ada kerak. Mesin mengalami ovberheat, periksa kode heat
range dan peranti pendingin mesin.
Gosong : Terdapat timbunan kerak dan elektrodanya
berwarna gosong. Artinya, setelan bahan bakar tidak benar. periksa
suplai bensin dan peranti kelistrikan lainnya.
Meleleh : Elektroda meleleh dan terlihat gosong,
akibat busi dengan heat range yang salah. Terjadi kebocoran pada
komponen mesin yang menyebabkan pelumas turut terbakar di ruang mesin.
Kerak tebal : Timbunan kerak yang tebal pada
elektroda dan kepala busi disebabkan pemakaian bahan bakar yang buruk.
Terjadi kebocoran pada sil di klep yang membuat pelumas merembes hingga
ke busi.
Basah : Terdapat sisa pelumas pada elektroda dan
kepala busi, mesin mengnalami detonasi atau ngelitik. Cek timing
pengapian atau gunakan bahan bakar yang sesuai denngan spesifikasi
mesin.
Bengkok : Elektroda menempel pada kepala busi dikarenakan piston menghantam busi. Cek komponen internal mesin.
Tersendat : mobil tersendat dan mendadak mati. kemungkinan koil mobil panas. Segera matikan mesin dan kompres koil denngan lap basah.
marie daftar ..... dollar menanti (registration and get dollar ..... !!
$6.00 Welcome Survey After Free Registration!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar