Sistem bahan bakar
merupakan bagian penting sebagai suatu kelengkapan proses dari motor/mobil.
Pada motor bensin bahan bakar ditampung dalam tangki, lalu disaring oleh
saringan / filter, kemudian dihisap dan ditekan oleh pompa / fuel pump yang
akhirnya dicampur dengan udara dengan pengabutan pada karburator untuk
diteruskan ke dalam silinder melalui saluran hisap.
Bahan bakar yang dipakai disini
adalah bensin / premium yang mana merupakan zat cair yang diperoleh dari
pemurnian minyak bumi yang didalamnya mengandung unsur-unsur karbon dan
hidrogen. Pada suhu biasa bensin akan menguap dan akan menyala dengan mudah
apabila disulut oleh api.
Sedangkan dalam posting ini
terlebih dahulu dibahas bagian peraliran suatu proses premium dengan melalui
beberapa bagian pada sistem bahan bakar. Bagian ini antara lain : tangki bahan
bakar / fuel tank, saringan bahan bakar / fuel pump, pipa-pipa, pompa / fuel
pump, saringan udara / air filter, saluran masuk dan saluran buang, serta karburator.
Dimana tiap bagian ini mempunyai fungsi yang saling berkesinambungan untuk
mengantar bahan bakar menuju ke ruang bakar.
Proses yang
diawali dari tangki bahan bakar yang mengalir melalui pipa-pipa bahan bakar
dengan ukuran kecil yang akan tersambung pada filter bahan bakar. Setelah
disaring, berharap bahan bakar yang sudah jernih dan bersih ini kemudian
dihisap oleh pompa bahan bakar / fuel pump yang bertujuan mengalirkan dari pipa
awal hingga masuk saringan dan diteruskan ke karburator. Di dalam karburator
terdapat lubang yang berhubungan langsung dengan udara luar dengan saringan
udara yang berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran yang tidak habis
terbakar atau yang berpotensi menyumbat aliran masuk ke ruang bakar.
Bahan bakar premium / bensin ini
masuk ke dalam karburator dan diteruskan melalui pipa-pipa kecil yang
menyemprotkan bensin dan membuat kabut dengan campuran udara yang dihisap oleh
karburator dengan terlebih dahulu disaring oleh filter udara.
Karburator dipasangkan tepat
diatas saluran masuk, sehingga aliran campuran bensin dan udara yang berkabut
ini dapat masuk ke ruang bakar secara langsung. Saluran masuk / manipol ini ada
secara standar berlubang satu tepat ditengah bagian atas dan menempel dengan
karburator. Apabila karburator sudah mengalami modifikasi dan khususnya
karburator yang menggunakan sistem 2 barrel atau 4 barrel
maka juga harus
digunakan bentuk saluran masuk / manipol yang berbeda pula disesuaikan dengan
posisi lubang dari karburator yang dimaksut. proses pemasukan bahan bakar pada
motor bensin ini sangat sederhana, yang penting dan utama adalah proses
pemasukan pada saat dihisap oleh pompa bensin dan pengabutan dengan udara di
karburator inilah yang menentukan kelancaran proses nya.
daftar yukkk .......... biar dapat dollar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar